OPPM: Menanamkan Dasar Organisasi dari Generasi ke Generasi Reviewed by Momizat on . Berlandaskan motto “Siap memimpin dan mau dipimpin,” Organisasi Pelajar Pondok Modern (OPPM) merupakan sarana pendidikan kepemimpinan bagi santri. Di bawah arah Berlandaskan motto “Siap memimpin dan mau dipimpin,” Organisasi Pelajar Pondok Modern (OPPM) merupakan sarana pendidikan kepemimpinan bagi santri. Di bawah arah Rating: 0
You Are Here: Home » Organisasi Santri » OPPM: Menanamkan Dasar Organisasi dari Generasi ke Generasi

OPPM: Menanamkan Dasar Organisasi dari Generasi ke Generasi

OPPM: Menanamkan Dasar Organisasi dari Generasi ke Generasi

Berlandaskan motto “Siap memimpin dan mau dipimpin,” Organisasi Pelajar Pondok Modern (OPPM) merupakan sarana pendidikan kepemimpinan bagi santri. Di bawah arahan dan bimbingan Staf Pengasuhan Santri, OPPM menggerakkan segala aktivitas santri, melalui 21 bagian di dalamnya.

Musyawarah Kerja (Muker) OPPM dan Koordinator Gerakan Pramuka

Pada tahun ini, Muker OPPM dan Koordinator Gerakan Pramuka diikuti 600 orang siswa Kelas 5, diselenggarakan pada tanggal 29 Sya‘ban s.d. 5 Ramadhan 1433/19–24 Juli 2012. Agendanya mencakup evaluasi program kerja sebelumnya, pembacaan hasil usaha tiap-tiap bagian, dan pengajuan usulan program kerja baru untuk setahun ke depan. Muker kali ini menghabiskan dana Rp 4.935.200,00.

Pelatihan Kesekretariatan untuk Sekretaris se-Darussalam

Untuk meningkatkan wawasan korespondensi santri sekaligus menyamakan penulisan surat se-Darussalam, OPPM mengadakan Orientasi Kesekretariatan. Orientasi ini diikuti oleh 117 orang sekretaris di bagian-bagian OPPM maupun non-OPPM. Pemateri pelatihan yang diadakan pada tanggal 16 Muharram 1434/30 November 2012 ini adalah Ustadz Muhammad Eko Sucipto, Staf Pengasuhan Santri, dan bertempat di Aula Rabithah.

Penataran Manajemen dan Keorganisasian

Sebanyak 490 orang santri yang mewakili bagian-bagian OPPM, klub olahraga, klub kesenian, klub bahasa, pengurus rayon, pengurus konsulat, dan pengurus lembaga non-OPPM mengikuti Penataran Manajemen dan Keorganisasian. Penataran berlangsung selama lima hari, Sabtu–Kamis, 18–23 Dzulhijjah 1433/3–8 November 2012, diisi oleh Pimpinan Pondok, Ustadz Drs. H. Sujiat Zubaidi Saleh, M.A., Ustadz H. Khoirul Umam, M.Ec., Ustadz H. Y. Suyoto Arief, M.S.I., Sekretaris Pimpinan, dan Staf Administrasi.

Diskusi Mingguan Kelas 5 dan Kelas 6

Diskusi mingguan bagi siswa Kelas 5 dan Kelas 6 ini diadakan setiap Kamis malam dan Ahad malam. Untuk siswa Kelas 5, diskusi diselenggarakan pada tanggal 19 Dzulhijjah 1433/4 November 2012, sedangkan untuk siswa Kelas 6 tanggal 20 Dzuhijjah 1433/5 November 2012, bertempat di Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM). Bertanggung jawab sebagai koordinator, Forum Pengembangan Potensi dan Wawasan Santri (FP2WS), bekerjasama dengan Bagian Pengajaran OPPM, di bawah bimbingan Public Speaking and Discussion Advisory Council (PUSDAC). Tema diskusi, biasanya terkait dengan masalah pendidikan, keagamaan, maupun masalah sosial.

Pembuatan Dokumentasi OPPM

Tahun ini, OPPM berinisiatif membuat dokumentasi seluruh bagian. Tujuannya, agar kepengurusan berikutnya dapat mempelajari segala hal mendasar yang ada di setiap bagian, demi kontinuitas dan peningkatan kualitas kerja. Dokumentasi dimaksud meliputi data-data bagian, langkah-langkah kepengurusan, formasi bagian, definisi bagian, hingga format laporan pertanggungjawaban.

Ekspo Darussalam                                        

Menyambut Tahun Baru Hijriah 1 Muharram 1434, OPPM menyelenggarakan Ekspo Darussalam pada tanggal 1 Muharram 1434/15 November 2012, bertempat di halaman depan Gedung Aligarh. Kegiatan tahunan ini berbentuk pameran tiap-tiap bagian OPPM, Koordinator Gerakan Pramuka, dan instansi-instansi non-OPPM. Tujuan penyelenggaraan untuk memperkenalkan organisasi-organisasi di Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) kepada segenap santri

Buku Agenda OPPM

Mulai tahun ini, Bagian Sekretaris Pusat OPPM menyediakan buku agenda khusus untuk mengontrol sirkulasi korespondensi di setiap kepengurusan konsulat, klub, dan rayon. Buku agenda ini terbagi dalam tiga macam: untuk mencatat sirkulasi surat masuk, sirkulasi surat keluar, dan sebagai buku ekspedisi. Setiap pengurus organisasi diwajibkan melaporkan buku agenda tersebut sekali seminggu untuk diperiksa Sekretaris Pusat OPPM. Kemudian, diadakan evaluasi umum oleh Sekretaris Pusat OPPM agar tidak terjadi kesalahan yang sama.

Pembagian Madu ke Segenap Santri

Untuk menunjang kesehatan santri, Bagian Bendahara OPPM membagikan madu gratis kepada seluruh santri se-Darussalam atas instruksi Pengasuhan Santri. Pembelian madu yang menghabiskan dana sebesar Rp 3.906.000,00 ini menggunakan uang kesehatan OPPM. Pembagian madu ini, direncanakan, akan diadakan setahun sekali.

Lomba Drama Bahasa Arab dan Inggris

Acara yang digelar oleh Bagian Penggerak Bahasa OPPM ini merupakan salah satu pendidikan karakter bagi calon pemimpin, terutama keberanian berbicara. Lomba ini diadakan pada Tahun Baru Hijriyah, Kamis, 1 Muharram 1434/15 November 2012. Pesertanya, para santri utusan seluruh rayon se-Darussalam (21 rayon/asrama). Mumtaz (1-D) dari Rayon Aligarh tampil sebagi aktor terbaik; dan Rayon Aligarh Sighar menyabet Juara Umum Lomba Drama Bahasa Arab.

Sedangkan Lomba Drama Bahasa Inggris diselenggarakan pada akhir tahun, Jumat, 25 R. Tsani 1434/8 Maret 2013. Kembali, Rayon Aligarh  berhasil merebut Juara Umum dan mendapat seluruh piala bergengsi yang diperebutkan, mulai dari Juara I, Bahasa Terbaik, hingga Aktor Terbaik, yang kali ini diraih oleh Yusuf (1-G).

Seminar Pengolahan Sampah

Bagian Bersih Lingkungan (Berlin) OPPM mengadakan Seminar tentang Pengolahan Sampah, yang digelar di Aula Pakistan, Jum‘at, 24 Dzulhijjah 1433/9 November 2012. Pembicaranya, Bapak Wawan Semo, pengawas Tempat Pembuangan Sampah (TPS) se-Jawa Timur. Gontor sendiri mendapatkan sumbangan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo, yang berlokasi di sebelah utara Lapangan Delapan Windu. Peserta seminar (210 orang) adalah perwakilan dari tiap-tiap rayon se-Darussalam.

Art and Handicraft Show dan Sport Show

Acara ini merupakan salah satu tradisi pondok untuk menunjukkan minat, bakat, serta potensi santri di bidang kesenian, keterampilan, dan olahraga. Bagian Kesenian dan Bagian Olahraga OPPM (penyelenggara acara) menggelar pameran ini pada hari Jum‘at, 17 Dzulhijjah 1433/2 November 2012, bertempat di BPPM dan di depan Gedung Aligarh.

Pergantian Pengurus OPPM

Organisasi yang baik membutuhkan regenerasi, demikian juga halnya dengan OPPM. Untuk itu, diadakanlah serah terima estafet kepengurusan dari santri kelas 6 –yang segera menghadapi ujian akhir KMI– kepada santri kelas 5. Pembacaan Laporan Pertanggungjawaban dari pengurus lama digelar di BPPM pada hari Sabtu–Ahad, 11–12 J. Ula 1434/23–24 Maret 2013, kemudian dilanjutkan dengan Pelantikan Pengurus Baru  OPPM periode 2013–2014 yang diketuai oleh Zulfikar Arradin (5-H) dan M. Sholeh (5-D) pada Ahad malam harinya.

 

Leave a Comment

© 2011 Powered By Wordpress, Goodnews Theme By Momizat Team

Scroll to top